BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Model
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berisi komponen yang harus dilaksanakan dan dicapai dalam
proses belajar mengajar yang meliputi visi, misi dan tujuan sekolah; struktur
dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan RPP.
Model Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), disusun dengan mempertimbangkan situasi dan
kondisi sekolah, peserta didik dan lingkungan.
Kurikulum SMP Negeri 3 Krian
ini diperuntukkan kepada semua warga sekolah, terutama peserta didik, pendidik
dan tenaga kependidikan. Pembentukan budaya sekolah (school culture) dapat dilakukan oleh sekolah melalui serangkaian
kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran yang lebih berorientasi pada
peserta didik, dan penilaian yang bersifat komprehensif. Perencanaan di tingkat
sekolah pada intinya adalah melakukan penguatan terhadap implementasi Kurikulum
2013 di tingkat SMP Negeri 3 Krian,
seperti menetapkan visi, misi, tujuan, struktur kurikulum, kalender akademik,
dan penyusunan RPP. Keseluruhan perencanaan sekolah yang bertitik tolak dari
melakukan analisis kekuatan dan kebutuhan sekolah akan dapat dihasilkan program
pendidikan yang lebih terarah yang tidak semata-mata berupa penguatan ranah
pengetahuan dan keterampilan melainkan juga sikap prilaku yang akhirnya dapat
membentuk ahklak budi luhur.
B.
Saran
Sejalan dengan otonomi sekolah dan manajemen berbasis
sekolah, maka Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), hendaklah
menjadi pedoman dan arah dalam pengelolaan sekolah terutama pengelolaan proses
belajar dan mengajar guna tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan secara
efektif dan efisien.
Untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan KTSP perlu dukungan dari semua
komponen dan stakeholder sekolah dalam bentuk partisipasi aktif, kreatif dan inovatif.
Sesuai dengan semangat Kurikulum 2013, penyajian pembelajaran yang
bernuansa belajar aktif dengan muatan budaya dan karakter bangsa perlu menjadi
perhatian terutama dalam membelajarkan peserta didik. Oleh karena itu, kritik
dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari semua pihak pemerhati,
pelaksana pendidikan untuk kesempurnaan yang akhirnya dapat memberikan
pencerahan pelaksanaan di tingkat sekolah. Selanjutnya diharapkan kualitas
produk peserta didik yang memiliki ahklak budi mulia sebagai pencerminan bangsa
yang besar.