Selasa, 09 Juli 2019

BAB V


BAB V
PENUTUP

A.     Kesimpulan
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berisi komponen  yang harus dilaksanakan dan dicapai dalam proses belajar mengajar yang meliputi visi, misi dan tujuan sekolah; struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan RPP.
Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), disusun dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah, peserta didik dan lingkungan.
Kurikulum SMP Negeri 3 Krian ini diperuntukkan kepada semua warga sekolah, terutama peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan. Pembentukan budaya sekolah (school culture) dapat dilakukan oleh sekolah melalui serangkaian kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran yang lebih berorientasi pada peserta didik, dan penilaian yang bersifat komprehensif. Perencanaan di tingkat sekolah pada intinya adalah melakukan penguatan terhadap implementasi Kurikulum 2013 di tingkat  SMP Negeri 3 Krian, seperti menetapkan visi, misi, tujuan, struktur kurikulum, kalender akademik, dan penyusunan RPP. Keseluruhan perencanaan sekolah yang bertitik tolak dari melakukan analisis kekuatan dan kebutuhan sekolah akan dapat dihasilkan program pendidikan yang lebih terarah yang tidak semata-mata berupa penguatan ranah pengetahuan dan keterampilan melainkan juga sikap prilaku yang akhirnya dapat membentuk ahklak budi luhur.
B.     Saran
Sejalan dengan otonomi sekolah dan manajemen berbasis sekolah, maka Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), hendaklah menjadi pedoman dan arah dalam pengelolaan sekolah terutama pengelolaan proses belajar dan mengajar guna tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien.
Untuk mewujudkan keberhasilan pelaksanaan KTSP perlu dukungan dari semua komponen dan stakeholder sekolah dalam bentuk partisipasi aktif, kreatif dan inovatif.
Sesuai dengan semangat Kurikulum 2013, penyajian pembelajaran yang bernuansa belajar aktif dengan muatan budaya dan karakter bangsa perlu menjadi perhatian terutama dalam membelajarkan peserta didik. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan dari semua pihak pemerhati, pelaksana pendidikan untuk kesempurnaan yang akhirnya dapat memberikan pencerahan pelaksanaan di tingkat sekolah. Selanjutnya diharapkan kualitas produk peserta didik yang memiliki ahklak budi mulia sebagai pencerminan bangsa yang besar.